Firebase adalah penyedia layanan cloud dengan backend sebagai servis. Firebase adalah platform mobile dan aplikasi web dengan sarana dan prasarana yang dirancang untuk membantu pengembang membangun aplikasi realtime.

San Francisco dan Mountain View, California. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2011 oleh Andrew Lee dan James Tamplin. Produk awal Firebase adalah database realtime, yang menyediakan API yang memungkinkan pengembang untuk menyimpan dan sinkronisasi data di beberapa klien. Seiring waktu, Firebase telah memperluas produknya untuk menjadi suite lengkap bagi pengembangan aplikasi. Perusahaan ini diakuisisi oleh Google bulan Oktober 2014 dan menambahkan sejumlah besar fitur baru pada bulan Mei 2016, di Google I / O konferensi.

Firebase sendiri memiliki beberapa service yaitu :
  1. Analytics
    1. Firebase Analytics
  2. Develop
    1. Firebase Cloud Messaging
    2. Firebase Auth
    3. Realtime Database
    4. Firebase Storage
    5. Firebase Hosting
    6. Firebase Test Lab for Android
    7. Firebase Crash Reporting
  3. Grow
    1. Firebase Notifications
    2. Firebase App Indexing
    3. Firebase Dynamic Links
    4. Firebase Invites
    5. Adwords
  4. Earn
    1. Admob

Firebase memiliki banyak library yang memungkinkan untuk mengintegrasikan layanan ini dengan Android, iOS, Javascript, Java, Objective-C dan Node.JS. Database Firebase juga bersifat bisa diakses lewat REST API dan data binding untuk beberapa framework Javascript seperti halnya AngularJS, ReactJS, Ember.JS, dan Backbone.JS. REST API tersebut menggunakan protokol Server-Sent Event dengan membuat koneksi HTTP untuk menerima push notification dari server. Pengembang juga bisa menggunakan database ini untuk mengamankan data mereka menggunakan server Firebase dengan rules yang ada.

Berikut adalah penjelasan singkat tentang Firebase. Semoga pemabaca bermanfaat dan termotivasi untuk mengembangkan aplikasi realtime dengan Firebase.

Post a Comment

Pandu Septian Gumilar

{picture#http://kekirian.com/wp-content/uploads/2015/12/10419440_814838468537519_2081836625630750537_n-150x150.jpg} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Powered by Blogger.